Popular Posts

Gaya Hidup dan Komunitas Punk

Kadangkala, kita merasa risih apabila dijalanan, lampu merah atau ada sebuah komunitas geng norak (menurut beberapa respondent) nongkrong di kaki lima. mereka bergaya funky dengan aksen rambut mohak, bertindik dibagian tubuh yang mereka sukai dan memakai aksesoris berbahan besi atau metalic lain, serta bibir dan kantung mata dicat berwarna hitam hingga mereka terlihat menakutkan oleh sebagian orang. Komunitas ini acapkali dinilai publik sebagai komunitas yang bisa dikategorikan komunitas paham anarkisme, karena setiap aksinya seringkali menimbulkan kekacauan, bentrok dengan aparat satpol PP, dan tak peduli dengan yang mereka lakukan. namun sebenarnya, kamunitas punk ini hanyalah segerombolan orang-orang cuek yang ingin memerdekakan dirinya dalam gaya hidup keras yang mereka anut dan biasa dengan aksen bahasany "Rocker". sebenarnya, darimana asal mula kehidupan anak punk ini dimulai...???
Sebenarnya punk itu merupakan sub-budaya yang lahir di London. Inggris. Punk ini sebetulnya merupakan sebuah genre atau aliran musik yang lahir di awal tahun 1970 an. Punk juga bisa diartikan sebagai ideologi hidup yang mencakup aspek sosial dan politik, anti pemerintahan, idealis, kritis dan atheis.

bagaimana komunitas punk bisa masuk dan disukai di Indonesia???
pada awal mulanya, perkembangan komunitas punk di Indonesia sejalan dengan perkembangan musik rock yang mewarnai blantika musik tanah air pada era 70-an disaat aliran musik ini diperkenalkan.
Di Indonesia muncul pioner musik rock yang meraja panggung musikal, sebut saja God Bless, Gang Pegangsaan, Gypsy, Bentoel, Rawe Rontek dan lain sebagainya. mereka menyulap musik dengan latar keras dengan gaya liar dan ekstrem. anak-anak muda pun ikut mengalir dalam lantunan musik rock tersebut dan menjadi pecandu musik metal. maka, tren gaya metalpun mencuat dengan gelang-gelang besi, pakaian berantai besi.

komunitas punk memang sedikit banyak dinilai negatif, tapi sebenarnya mereka juga memiliki nilai imajinatif yang tinggi yang mereka lakoni disetiap aksi mereka, lihat saja lagu-lagu yang banyak bermunculan dijalanan yang liriknya kadang kala mengkritik aksi pemerintah. lagu itu asli ciptaan mereka sendiri yang merupakan wujud paham anarkisme mereka terhadap lahirnya negara....

Tapi, Saya sendiri kadang bertanya-tanya?? apakah komunitas punk indonesia ini mengerti gak ya dengan lifestyle yang mereka anut ini....
:D
<

Tidak ada komentar: