Popular Posts

Psikologi Pendidikan

Pengertian
Psikologi adalah studi ilmiah tentang prilaku dan proses mental. Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Psikologi pendidikan dapat dikatan suatu ilmu karena di dalamnya telah memiliki kriteria persyaratan suatu ilmu, yakni:
·         Ontologis; objek dari psikologi pendidikan adalah prilaku-prilaku individu yang terlibat langsung maupun tidak langsung dengan pendidikan, seperti peserta didik, pendidik, administrator, orang tua peserta didik dan masyarakat pendidikan.
·         Epistemologisl; teori-teori, konsep-konsep, prinsip-prinsip dan dalil-dalil psikologi pendidikan dihasilkan berdasarkan upaya sistematis melalui berbagai studi, dengan pendekatan secara kualitatif maupun secara kuantitatif.
·         Aksiologis; manfaat dari psikologi pendidikan terutama sekali berkenaan dengan pencapaian efisiensi dan efetivitas proses pendidikan.

Di Indonesia, telah beberapa kali sistem pendidikan direvisi untuk terus mengikuti perkembangan kebutuhan manusia dalam pendidikan. Karena keunikan sifat manusia yang dinamis maka dari itu perlu adanya upaya untuk terus menggali efisiensi dalam proses belajar-mengajar dalam mencapai tujuan untuk membentuk kepribadian dan mencerdaskan para peserta didik.

Fokus Perhatian Psikologi Pendidikan
Psikologi pendidikan memiliki beberapa batasan-batasan dan menjadi fokus perhatiannya sebagai suatu disiplin ilmu, secara garis besar batasan tersebut terbagi atas tiga macam:
1.      Mengenai belajar, yang meliputi teori-teori, prinsip-prinsip dan ciri khas perilaku belajar peserta didik dan sebagainya.
2.      Mengenai proses belajar, yakni tahapan perbuatan dan peristiwa yang terjadi dalam kegiatan belajar peserta didik dan sebagainya.
3.      Mengenai situasi belajar, yakni suasana dan keadaan lingkungan baik yang bersifat fisik maupun non fisik yang berhubungan dengan kegiatan belajar peserta didik.
Sebagai sebuah ilmu, psikologi pendidikan juga memberikan peranan dalam pengaplikasian pengetahuan riset secara efektif di dalam situasi mengajar. Psikologi pendidikan banyak memanfaatkan teori dan riset yang dilakukan para ahli psikologi pendidikan dan pengalaman mengajar para guru.

Peran Psikologi Pendidikan
Objek psikologi pendidikan adalah menitikkan pada kegiatan belajar dimana secara langsung objek yang terlibat bertumpu pada pendidik dan peserta didik, maka psikologi pendidikan memberikan peranan untuk menciptakan situasi pendidikan yang efektif dalam mengkolaborasikan fungsi pendidik terhadap peserta didiknya, mencerna prilaku objek untuk membangun karakter pendidikan yang baik dan berupaya menciptakan gagasan yang aktual bagi pendidik sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.
Mengutip dari hutabalian72.wordpress.com, ada beberapa pertimbangan bagi pendidik untuk dapat memahami peserta didik dan diharapkan memiliki kemampuan untuk:
1.      Merumuskan tujuan pembelajaran secara tepat.
2.      Memilih strategi atau metode pembelajaran yang sesuai.
3.      Memberikan bimbingan atau bahkan memberikan konseling.
4.      Memfasilitasi dan memotivasi peserta didik.
5.      Menciptakan iklim belajar yang kondusif.
6.      Berinteraksi secara tepat dengan peserta didik.
7.      Menilai hasil pembelajaran yang adil.
Maka, disini menjadi faktor bagi psikologi pendidikan untuk memasuki kehidupan pembelajaran bagi keberlangsungan pencapaian tujuan pendidikan. Psikologi pendidikan menjadi landasan untuk memahami prilaku-prilaku individu yang terlibat dalam proses belajar sehingga efisiensi dan efektivitas proses pendidikan dapat tercapai.
< >

Tidak ada komentar: